Jumat, 27 November 2009

JIGOKU SHOUJO MITSUGANA


Jigoku Shoujo season 2
sudah tamat penayangannya di Animax. Penayangan season 2 ini langsung mulai setelah season 1 tamat.

Kisah Jigoku Shoujo menceritakan aksi Enma Ai (sang Jigoku Shoujo / Hell Girl) beserta ketiga asistennya membalaskan dendam para pemohon yang dapat mengakses situs Jigoku Tsuushin . Banyak kisah di Jigoku Shoujo 1 dan 2 bertema demikian, namun di Jigoku Shoujo 1 diungkapkan latar belakang dari Ai lewat kisah panjang yang melibatkan pasangan ayah & anak yaitu Hajime & Tsugumi.
Dalam Jigoku Shoujo 2 dibuka latar belakang dari ketiga asisten Ai yaitu Wanyuudo, Hone-Onna dan Ichimoku Ren. Dikisahkan pula hadirnya tokoh misterius yaitu seorang anak nakal bernama Kikuri.
Klimaks dari kisah Jigoku Shoujo 2 adalah ketika terjadi kasus seorang anak bernama Takuma yang akan dibunuh penduduk desanya (lebih tepat kompleks perumahannya) , nasib Takuma ini mirip dengan nasib Ai 400 tahun sebelumnya. Pada klimaksnya Takuma dikhianati dan dikirim ke neraka, namun Ai membangkang dan tidak jadi membawa Takuma ke neraka. Akhirnya Ai diubah oleh penguasa neraka menjadi manusia dan ia berkurban demi keselamatan Takuma. Ai tewas , namun ia terbebas dari tugasnya sebagai Jigoku Shoujo. Ketiga asistennya dibebabastugaskan juga .. . Namun itu tidak berarti bahwa Jigoku Tsuushin juga bubar ..

Jika dipikir, kisah2 dalam Jigoku Shoujo layak direnungkan karena membawa pesan kemanusiaan, bahkan juga pesan keagamaan . Apakah balas dendam, membalas kejahatan dengan kejahatan menuntaskan suatu persoalan ? Bisakah seseorang menyelesaikan masalahnya sendiri, tanpa bantuan pihak luar?

Akhir dari Jigoku Shoujo memuaskan karena membuka latar belakang dari tokoh2 utamanya, namun beberapa hal kurang jelas / eksplisit hingga ke bagian akhir : Siapa sebenarnya Kikuri? Siapa pengganti Ai? Apa kegiatan dari ketiga asisten Ai setelah tidak lagi jadi asisten Jigoku Shoujo?

ENDINGnYA SEDIH BANGETTT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar